Apakah Beli Saham Blue Chip Selalu Cuan? Ini Tips dan Cara Membeli Saham Blue Chip melalui aplikasi RHB Tradesmart ID

cara trading saham

Saham Blue Chip merupakan salah satu saham yang memiliki daya tarik tersendiri di kalangan investor, termasuk investor pemula untuk mendapatkan imbal hasil sebagai investasi jangka panjang. Maka dari itu, banyak investor yang berlomba-lomba untuk mencari cara membeli saham ini agar bisa menikmati imbal hasil tersebut.

Saham Blue Chip sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut suatu perusahaan yang memiliki performa yang baik, imbal hasil yang stabil, dan reputasi perusahaan yang bagus. Karena minat pada saham Blue Chip cukup tinggi, harga saham ini juga lebih tinggi dibandingkan saham biasa.

Mengenal Saham Blue Chip

Istilah Blue Chip muncul pertama kali dalam permainan poker, karena chip biru dalam permainan ini memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan warna yang lain. Kemudian, kata Blue Chip kembali digunakan pada tahun 1923 oleh karyawan Dow Jones bernama Oliver Gingold untuk menyebut harga saham yang tinggi.

Saham Blue Chip bisa diartikan sebagai saham yang dikeluarkan perusahaan reputasi tinggi sebagai saham lapis satu (saham unggulan) yang dapat juga diartikan sebagai pendorong utama Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG. Disebut begitu karena saham-saham yang berada di tingkatan ini berasal dari perusahaan yang menguasai sektornya masing-masing yang produk dan layanannya memiliki jangkauan pasar yang luas.

Contoh saham Blue Chip yang ada di Indonesia adalah saham bank BCA (BBCA), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR).

Tips Memilih Saham Blue Chip

Sebelum memutuskan untuk membeli saham Blue Chip, tentukan terlebih dahulu saham Blue Chip yang tepat. Smart People bisa menganalisa daftar rekomendasi saham Blue Chip yang ada di BEI (Bursa Efek Indonesia). Agar lebih mudah memahaminya, berikut kriteria yang ada pada saham Blue Chip, di antaranya:

  • Status volatilitas rendah
  • Memiliki likuiditas yang begitu tinggi, yaitu bisa dengan mudah untuk dijual atau ditemukan oleh penjualan
  • Memiliki sedikit hingga nihil utang
  • Memiliki kapitalisasi pasar yang besar
  • Kebanyakan saham Blue Chip memiliki catatan membayar dividen yang stabil bahkan naik

Cara Membeli Saham Blue Chip

Selanjutnya yaitu cara membeli saham Blue Chip yang bisa Smart People jadikan acuan apabila ingin memiliki saham tersebut. Simak caranya berikut ini!

1. Menentukan Saham

Langkah pertama yang bisa Smart People lakukan adalah menentukan saham Blue Chip yang akan dibeli berdasarkan kriteria yang disebutkan pada poin sebelumnya. Meski BEI tidak membuat daftar saham Blue Chip, Smart People tetap bisa mengetahui termasuk golongan mana perusahaan tersebut.

2. Siapkan Modal Investasi Sesuai Kemampuan

Untuk bisa membeli saham Blue Chip, Smart People diharapkan untuk menyiapkan modal investasi sesuai kemampuan. Saat melakukan pembelian saham di BEI, Smart People harus langsung membeli 1 lot saham (100 lembar). Apabila ingin membeli saham dengan harga 30 ribu rupiah per lembar, maka budget yang perlu disiapkan adalah 30 ribu rupiah × 100 lembar, sama dengan 3 juta rupiah.

3. Masuk ke Aplikasi RHB Tradesmart

Langkah selanjutnya adalah menggunakan aplikasi RHB Tradesmart untuk membeli saham Blue Chip. Apabila sudah masuk ke dalam aplikasi, Smart People bisa langsung mendaftar dan membuat rekening saham. Untuk membuka rekening saham, Smart People perlu melampirkan dokumen dan formulir khusus.

Tentunya rekening saham tersebut berbeda dengan rekening bank pada umumnya. Smart People bisa menyetorkan dana dalam RDN (Rekening Dana Nasabah) untuk digunakan sebagai modal transaksi jual beli saham Blue Chip.

4. Lakukan Riset Saham Blue Chip Terbaik

Cara beli saham Blue Chip selanjutnya adalah melakukan riset untuk memutuskan di mana Smart People akan menaruh saham. Karena tidak semua perusahaan yang masuk dalam kategori Blue Chip sesuai dengan karakter dan minat Smart People.

Misalnya, Smart People tidak suka berinvestasi di bidang tertentu karena tidak paham tentang sentimen pasarnya. Maka Smart People tidak harus memaksakan diri membeli saham di bidang tersebut, kecuali ada keinginan untuk mempelajari lebih lanjut untuk menganalisis sentimen pasarnya.

5. Analisa Kinerja Tahunan Saham Pilihan

Ada beberapa perusahaan yang terlihat sebagai kategori saham Blue Chip, tetapi ternyata memiliki pengelolaan keuangan yang buruk. Smart People perlu menganalisa kinerja keuangan tahunan dari perusahaan saham Blue Chip tersebut agar tidak salah memilih.

6. Membeli Saham Blue Chip Sesuai Kemampuan

Cara membeli saham Blue Chip yang terakhir adalah dengan membelinya sesuai dengan kemampuan Smart People. Perhatikan dana yang Smart People miliki, apakah sudah cukup untuk membeli saham Blue Chip atau belum. Jika memang belum, Smart People bisa mencoba membeli saham non Blue Chip yang minim resiko, seperti surat utang, Reksadana, dan lain-lain tanpa harus memaksakan diri membeli saham Blue Chip.

Itu dia penjelasan mengenai pengertian dan cara membeli saham Blue Chip. Setelah mengetahuinya, diharapkan Smart People bisa dengan bijak memilih saham Blue Chip yang tepat untuk bisa memperoleh imbal hasil yang stabil.

Agar lebih mudah menjalankan investasi saham Blue Chip, Smart People bisa menggunakan aplikasi RHB Tradesmart ID yang bisa diunduh melalui Play Store atau App Store. RHB Tradesmart terbukti menawarkan berbagai fitur bermanfaat untuk menjalan investasi khususnya bagi pemula!

Referensi:

Kumparan. 10 Februari 2022. Saham Blue Chip: Pengertian, Cara Membeli, dan Daftar Terbarunya. Diakses pada tanggal 28 Desember 2022

OCBC NISP. 9 Agustus 2021. Mengenal Saham Blue Chip, Karakteristik, & Cara Belinya. Diakses pada tanggal 28 Desember 2022

RHB Tradesmart. 2 Desember 2021. Investor, Pilih Saham Blue Chip Supaya Makin Sip! Diakses pada tanggal 28 Desember 2022

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *